Breaking News
Home / Sumber Daya Alam

Sumber Daya Alam

Faktor sumber daya alam adalah sangat penting bagi kehidupan manusia dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara dalam upaya meningkatkan kesejahteraan hidupnya. Pengkajian akan potensi alam Kelurahan Legian dapat dilihat dari beberapa kondisi sebagai berikut :

Letak Geografis

Desa Legian yang berada di wilayah Kecamatan Kuta, Kabupaten Badung merupakan salah satu Desa yang juga Satu Kelurahan dari 5 Kelurahan yang ada di Kecamatan Kuta, Kabupaten Badung, yang terletak + 2 Km dari Ibu Kota Kecamatan Kuta ke arah Utara, Desa Legian masih berada dikawasan Daerah Pariwisata yang terkenal dengan pantainya berpasir putih dan ombaknya yang baik untuk berselancar serta panorama alam matahari terbenam yang menjadi obyek andalannya. Jalur lalu lintas menuju Kelurahan Legian dari Kota Denpasar cukup lancar begitu pula dari arah Utara melalui Jalan Raya Legian, dan dari arah selatan (Kuta) melalui arah jalan Pantai Kuta. Posisi ini memberikan keuntungan dan memberi imbas terhadap kemajuan Industri Pariwisata disamping ada pula unsur negatifnya yang harus kita waspadai.

Dilihat dari Batas Wilayah Kelurahan Legian Kecamatan Kuta, Kabupaten Badung, Kelurahan Legian berbatasan dengan :

Di sebelah Utara : Kelurahan Seminyak, Kecamatan Kuta.

Di sebelah Timur : Sebagian dengan Kelurahan Pemecutan Kelod, Kecamatan Denpasar Barat, sebagaian dengan Kelurahan Kuta.

Di sebelah Selatan : Kelurahan Kuta, Kecamatan Kuta.

Di sebelah Barat : Samudera Indonesia.

Dilihat dari posisi ketinggian, Kelurahan Legian berada pada ketinggian +5 m dari permukaan laut, dengan Koordinat 8 42 24 LS dan 115 9 56 BT sesuai dengan data yang diberikan dari BMG Bali.

Luas Wilayah

Wilayah Kelurahan Legian Kecamatan Kuta, Kabupaten Badung sebagian besar wilayah pemanfaatannya sebagai Permukiman Umum penduduk dan perkampungan penduduk ada pula dipakai untuk akomodasi Pariwisata/Hotel, Pertokoan dan Perdagangan serta hanya sebagian kecil wilayah tegalan. Dari data yang ada, luas wilayah Kelurahan Legian 305 ha yang di bagi menjadi 3 (tiga) Lingkungan yaitu :

Lingkungan Legian Kaja.
Lingkungan Legian Tengah.
Lingkungan Legian Kelod.

Serta didukung oleh satu Desa adat /Pekraman yaitu Desa Adat Legian yang luas dan batas – batas wilayahnya sama dengan wilayah Kelurahan Legian.

Dalam pemanfaatan tanahnya dalam dua tahun terakhir ini dapat uraikan sebagai yang termuat pada tabel dibawah ini :

emanfaatan

2002

2003

Pemukiman Umum

Perkampungan.

Bangunan Perkantoran

Bangunan Sekolah

Pertokoan Perdagangan

Pasar

Tempat Peribadatan/Pura

Kuburan

Jalan

Lain-lain (Balai Banjar)

Tegalan

Lapangan Sepak Bola

Hotel

70 ha

85 ha

1.53 ha

0.60 ha

10.52 ha

1.48 ha

0.99 ha

1 ha

11,47 ha

0.16 ha

79.25ha

1 ha

42 ha

65 ha

90 ha

1.53 ha

0.60 ha

10.52 ha

1.48 ha

0.99 ha

1 ha

11,47 ha

0.20 ha

74.21 ha

1 ha

47 ha

jumlah

305 ha

305 ha

Iklim dan Curah Hujan

Dilihat dari iklim, Kelurahan Legian beriklim tropis, curah hujan yang turun rata-rata pertahun 2000-3000 mm, sedangkan suhu rata-rata minimum 32 derajat Celcius dan maksimum 34 derajat Celcius.

Dengan Curah hujan yang banyak dan udara yang masih sejuk dan bersih serta tingkat pencemaran yang relatif masih kecil sangat menunjang dan mendukung kehidupan Flora dan Fauna di Kelurahan Legian, terbukti dengan masih banyaknya Tumbuhan yang hidup subur, begitu pula burung, Hewan dan sejenisnya bisa hidup di wilayah Kelurahan Legian dengan Baik.

Sumber : Profil Kelurahan Legian tahun 2000

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Scroll To Top