Breaking News

LPM (Lembaga Pemberdayaan Masyarakat) Legian

Berdasarkan Keputusan Presiden nomor 49 tahun 21 serta Keputusan Bupati Badung Nomor 785 Tahun 2002 Tentang Penataan Lembaga Ketahanan Masyarakat Desa dengan sebutan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM), maka di wilayah kelurahan Legian LKMD Legian diganti menjadi Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kelurahan Legian yang di bentuk berdasarkan Surat Keputusan Kepala Kelurahan Legian Nomor 02 Tahun 2003, Struktur organisasi LPM Kelurahan Legian.

Tugas Pokok LPM adalah

  1. Membantu Pemerintah dalam merencanakan Pembangunan berdasarkan musyawarah.
  2. Menggerakkan dan meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pembangunan.
  3. Menumbuhkan kondisi dinamis masyarakat untuk mengembangkan pemberdayaan di Kelurahan.

Fungsi LPM adalah

  1. Sebagai wadah partisipasi masyarakat dalam merencanakan dan melaksanakan Pembangunan.
  2. Menggali dan memanfaatkan potensi dan menggerakkan swadaya gotong royong masyarakat untuk membangun
  3. Membina kerjasama antar lembaga yang ada dalam masyarakat untuk pembangunan.
  4. Sebagai penyalur aspirasi masyarakat kepada pemerintah, serta antar masyarakat itu sendiri.

Kegiatan/program yang telah dilaksanakan LPM

  1. Dibidang Keagamaan. LPM Legian dilaksanakan dengan persembahnyangan setiap Purnama di Padmasari Kantor Lurah, begitu pula dengan mengadakan metirtayatra baik di Bali maupun ke luar Daerah, yang dilaksanakan oleh Seksi Agama.
  2. Di bidang Kelembagaan dan Kantibmas LPM Legian telah memberdayakan Pertahanan Sipil/Linmas untuk mengamankan wilayah Legian selama 24 jam secara bergantian setiap regu yang berjumlah 6 orang bertugas 12 Jam, jumlah anggota Hansip adalah sejumlah 20 Orang yang dibagi dalam 3 Regu, sedangkan penanganan Parkir, LPM Legian juga telah menanganinya dengan bekerjasama dengan DLLAJ Badung dengan mengangkat 18 (delapan belas) orang tenaga Juru Parkir yang tersebar di Kelurahan Legian. Dibidang pengamanan Pantai, LPM Legian juga telah menanganinya dengan mengangkat 6 (enam) orang tenaga Paksi Baruna yang khusus menangani Keamanan di Jalan Pantai Legian bekerja sama dengan dengan para Satpam Hotel dan Restaurant yang ada di Pantai Legian, sedangkan untuk mengawasi tempat Bilas dan WC yang ada di Jalan pantai juga telah ditugaskan untuk mengawasinya.
  3. Dibidang Hukum, LPM Legian telah mengadakan kegiatan sadar Hukum seperti kegiatan Program jemput bola atau Pencarian Akta secara kolektif yang diadakan bekerja sama dengan Dinas Catatan Sipil Badung.
  4. Dibidang Peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) LPM Legian telah membentuk suatu unit usaha dibidang penanganan kebersihan, guna membantu tugas-tugas DKP Badung tentang penanganan Sampah di Kelurahan Legian. Penaganan sampah di Legian dengan merekrut tenaga petugas Sampah sebanyak 4 (empat) orang dengan aramada pengangkut sampah 1 Truk Dump Sampah yang biaya operasionalnya dibiayai dari para Pengusaha Hotel dan Restaurant yang ada di pantai Legian. Di bidang Jasa Pariwisata, LPM Legian telah berkoordinasi dengan para Pengusaha Hotel yang berbintang, didalam memasukkan para pengusaha jasa tarnsportasi yang dihimpun dengan nama Legian Transport Asosiation (LTA) yang berjumlah sebanyak 8 orang, agar bisa beroperasi di dalam Hotel yang telah ditentukan, sedangkan yang beroperasi diluar Hotel/antrean berjumlah 246 orang, hal ini bisa terwujud dengan baik. Begitu pula dalam berjualan di lingkungan Hotel telah dibentuk pula himpunan pedagang Hotel (PHL) yang anggotanya sebanyak : 59 Orang, telah diijinkan untuk berjualan di Hotel. Dibidang Peningkatan SDM, LPM legian mengadakan kursus Bahasa Inggris di SD 11 dan SD 3 Kuta yang ada di Legian, begitu pula dengan mengadakan Lomba Cerdas Cermat Bahasa Inggris di tingkat SD, serta pelatihan-pelatihan lainya.
  5. Dibidang/Seksi Pembangunan LPM Legian sangat berperan dalam merencanakan dan mengawasi pembangunan baik fisik maupun non fisik dengan berkoordinasi dengan Farum Samigita untuk mengawasi baik proyek pemerintah maupun swasta agar mengacu kepada kebutuhan masyarakat. Untuk mengkoordinasikan Pembangunan LPM Legian telah berhasil membangun Kantor LPM yang dijadikan Sekretariat Legian Bersatu termasuk Kantor Hansip Legian yang luasnya 6 x 10 m yang peresmiannya dilaksanakan oleh Bapak Camat Kuta tahun 2003, sedangkan dari segi Lingkungan Hidup, LPM Kelurahan legian telah mengadakan kegiatan Rutin setiap tahun Program Penghijauan dengan mohon bantuan kepada Dinas Perhutanan dan Perkebunan Badung, Jumlah pohon yang telah ditanam di wilayah Kelurahan Legian sebanyak + 7.500 pohon terdiri dari pohon Tiga kancu, Cempaka, Kelapa ganjah, mahoni, Pinang dan Purna jiwa serta pohon tanjung.
  6. Dibidang Seksi Pemberdayaan Keluarga, kegiatan yang dilaksanakan telah terpadu dengan kegiatan PKK Kelurahan Legian.
  7. Dibidang Komunikasi dan Humas LPM Legian telah melaksanakan kegiatan-kegiatan seperti mengambil Dokomentasi setiap kegiatan LPM, disamping itu telah mengumpulkan Kliping berita yang di muat dikoran-koran, serta ikut mensosialisasikan program-program pembangunan masyarakat, dan Pemerintah.
  8. Dibidang olah raga, LPM legian telah mengadakan Lomba Mancing, dengan menebar ikan di Tukad mati sebanyak 10.000 ekor, mengadakan kejuaraan Sepak Bola, Gerak jalan gembira secara rutin, kemudian membuat lapangan Bola voli di Tanah Desa serta banyak lagi kegiatan lainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>