Geografis Wilayah

Legian, yang merupakan satu Kelurahan dan satu Desa Adat, yang terletak di wilayah Kecamatan Kuta, Kabupaten Badung merupakan salah satu tempat yang terletak ±2 Km dari ibu kota kecamatan Kuta ke arah Utara. Desa Legian masih berada di kawasan Daerah Pariwisata yang terkenal dengan pantainya berpasir putih dan ombaknya yang baik untuk berselancar bagi para peselancar dari mancanegara, serta panorama alam matahari terbenam (sunset) yang menjadi objek andalannya. Jalur lalu-lintas menuju Legian dari Kota Denpasar cukup lancar begitu pula dari arah Utara melalui Jalan Raya Legian, dan dari arah selatan melalui arah Jalan Pantai Kuta. Posisi ini memberikan keuntungan dan memberi imbas terhadap kemajuan Industri Pariwisata di samping ada pula unsur negatif yang harus diwaspadai.

Dilihat dari batas wilayah, Legian berbatasan dengan :

Utara : Kel. Seminyak.

Timur : Kodya Denpasar dan Kel. Kuta

Selatan : Kel. Kuta.

Barat : Samudra Indonesia.

Dilihat dari sisi ketinggian Legian berada pada ketinggian kurang lebih 5 M di atas permukaan laut, dengan koordinat 8 42 24 LS dan 115 9 56 BT, ini sesuai dengan data yang didapat dari BMG Bali.

 

Luas Wilayah

Wilayah Legian sebagian besar wilayah pemanfaatannya sebagai Permukiman Umum penduduk dan perkampungan penduduk ada pula dipakai untuk akomodasi Pariwisata/hotel, pertokoan, dan perdangan serta hanya sebagian kecil wilayah tegalan. Dari data yang ada, luas wilayah legian sekitar 305 ha yang dibagai menjadi 3 (tiga) Lingkungan yaitu:

- Lingkungan Legian Kaja

- Lingkungan Legian Tengah

- Lingkungan Legian Kelod

Serta didukung oleh satu Desa Adat/Desa Pakraman yaitu Desa Adat Legian. Dimana Desa Adat Legian mewilayahi 3 (tiga) banjar adat/banjar suka-duka yaitu:

- Banjar Legian Kaja.

- Banjar Pekandelan Legian.

- Banjar Legian Kelod.

Banjar Legian Kaja berada di Lingkungan Legian Kaja, Banjar Pekandelan Legian berada di Lingkungan Legian Tengah, dan Banjar Legian Kelod berada di Lingkungan Legian Kelod.

Dalam pemanfaatan lahannya dalam dua tahun terakhir ini dapat diuraikan sebagai berikut:

Pemanfaatan

Luas (ha)

Pemukiman umum

Perkampungan

Bangunan Perkantoran

Bangunan Sekolah

Pertokoan/perdagangan

Pasar

Tempat Peribadata(Pura, Gereja)

Kuburan

Jalan

Balai Banjar

Tegalan

Lapangan

Hotel

65,00

90,00

1,53

0,60

10,52

1,48

0,99

1,00

11,47

0,20

74,21

1,00

47,00

Jumlah

305,00

 

Iklim dan Curah Hujan

Dilihat dari iklim, Legian beriklim tropis, curah hujan yang turun rata-rata pertahun 2000-3000 mm, sedangkan suhu udara rata-rata minimum 32 derajat celcius dan maksimum 34 derajat celcius.

Dengan curah hujan yang banyak dan udara yang masih sejuk dan bersih serta tingkat pencemaran yang relatif masih kecil sangat menunjang dan mendukung kehidupan flora dan fauna di Legain, terbukti dengan msih banyaknya tumbuhan yang hidup subur, begitu pula dengan burung, hewan dan sejenisnya bisa hidup di wilayah Legian dengan baik.